Sabtu, 14 Juni 2014

Book Review: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken By Jostein Gaarder & Klaus Hagerup #20

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Author : Jostein gaarder & Klaus Hagerup
Penerbit : Mizan 
ISBN : 9794334154  
Tebal : 294 Hal  
Genre : Fantasy, Children, Literature, Adventure
Rating :  ★★★★

Sebuah surat cinta kepada buku dan dunia penulisan
-Ruhr Nachricht
 


Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dalam dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Melalui cerita yang bernuansa detektif ini, Jostein Gaarder, pengarang Sophies World, dan Klaus Hagerup, mengajak kita berpetualang dalam dunia buku dan perpustakaan. Tanpa sadar, Anda akan diperkenalkan dengan Klasifikasi Desimal Dewey, Winnie the Pooh, Anne Frank, teori sastra, teori fiksi, teori menulis, sejarah buku dan perpustakaan, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, buku ini adalah pengantar kepada dunia buku yang dapat dinikmati pembaca kanak-kanak, remaja, maupun dewasa. Buku terbaik mengenai buku dan budaya-baca yang ada saat ini." Oldenburgische Volkszeitung.
source

Buku ini sudah beberapa kali saya baca tapi karena kangen dengan petualangan Nils & Berit saya memutuskan untuk re-read lagi, salah satu buku petualangan anak-anak favorit saya yang membuat saya makin menyenanginya adalah juga karena buku ini bercerita tentang buku, seluk-beluk perpustakaan dan kisah tentang pecinta buku/Bibliophile.
 
Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter yang paling pintar, paling intelek, dan paling luhur; di sana kebanggan serta keluhuran manusia bersemayan


Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken adalah kolaborasi Jostein Gaarder dengan penulis asal Norwegia Klaus Hagerup dengan judul asli Bibbi Bokkens Magische Bibliothek pada tahun 1993, Buku ini diterbitkan oleh Mizan dan diterjemahkan langsung dari bahasa Swedia. 

Buku ini cukup unik karena hanya terdiri dari 2 Bab saja, Bab I berisi kumpulan buku-surat Nils & Berit sedangkan Bab II sudah tidak berbentuk buku-surat lagi tetapi berisi petualangan mereka bertemu langsung dengan wanita misterius yang selama ini mereka selidiki, Bibbi Bokken dan tetap mengunakan sudut pandang dari Nils & Berit.

Berbeda dengan novel Jostein Gaarder 'Dunia Sophie' yang penuh dengan bahasa-bahasa filosofis dan agak sulit dimengerti (menurut saya) di Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken bahasanya lebih mudah dimengerti, buku ini paket lengkap dengan kombinasi humor, ilmu dan juga diselipi dengan teka-teki yang dibalut dengan petualangan yang mengasyikkan ala 2 sepupu, Nils & Berit :)

Buku ini benar-benar memanjakan para pecinta buku, dengan istilah-istilah perbukuan, nama-nama penulis yang muncul di dalam buku ini seperti Anne Frank, Roald Dahl, H.C Andersen dan jalan cerita yang mengasyikkan, terutama bagaimana Bibbi Bokken membuat semua clue untuk diketemukan oleh 2 sepupu ini Nils & Berit.

Aku berjalan menyusuri rak-rak perpustakaan. Buku-buku tersebut memunggungiku. Tak seperti manusia yang ingin berjarak denganku, buku-buku itu malah menawarkan diri untuk memperkenalkan diri mereka. Bermeter-meter jajaran buku yang yang tak akan pernah mampu kubaca. Dan aku tahu; apa yang ada disini adalah kehidupan yang merupakan pelengkap kehidupanku, yang menanti untuk dimanfaatkan. Tetapi hari-hari berlalu, dan kesempatan itu tetap tak tergapai ----terabaikan. Salah satu buku ini mungkin benar-benar bisa mengubah hidupku. Siapakah aku sekarang? Siapakah sebenarnya aku?

Harapan saya kedepannya Semoga makin banyak lagi penulis-penulis internasional maupun naisonal yang melahirkan buku-buku bertema seperti ini. Overall, 5 stars for Bibbi sang Bibliophile :D !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar