Selasa, 02 Juni 2015

Book Review : And the Mountains Echoed by Khaleed Hosseini

And The Mountains Echoed
Author : Khaleed Hosseini
Penerbit : Qanita
ISBN : 978-602-9225-93-8
Alih bahasa : Berliani Mantili Nugrahani
Genre : Historical Fiction, Children, Family
Tebal :  516 Hal.
Rating : ★★

Kulihat peri kecil muram,
Di keteduhan pohon kertas.
Kumengenal peri kecil muram,
Yang tertiup angin suatu malam.


 Abdullah sangat menyayangi Pari, adik satu-satunya. Sejak ibu meninggal dan ayah mereka menikah lagi dengan Parwana, Abdullah menjadi ayah, sekaligus ibu bagi Pari. Bagi Abdullah, Pari adalah bumi, langit sekaligus seluruh semestanya. Dalam kehidupan pedesaan Afganistan yang keras dan kejam, Pari adalah seberkas cahaya matahari bagi Abdullah.
Lalu, ayahnya menjual Pari ke pasangan kaya di Kabul, demi kelangsungan hidup keluarga mereka di musim dingin. Abdullah limbung, dunianya hancur. Tak ada lagi Pari, tak ada lagi kehidupan.
And The Mountains Echoed, novel ketiga Khaled Hosseini yang menggemakan kehidupan keras di Afganistan. Lewat novel ini, Hosseini berkisah bagaimana pilihan yang kita ambil akan bergaung hingga ke generasi selanjutnya. Bagaimana cinta yang tulus akan bergema ke seluruh semesta, memanggil jiwa-jiwa yang kehilangan belahannya.
                                                                   ♡   ♡  

Novel yang memenangkan kategori fiksi terbaik pada Goodreads Choice Award tahun 2013 merupakan novel ketiga Khaleed Hosseini sekaligus buku keduanya yang aku baca setelah A Thousand Splendid Suns (Sayang sekali, aku belum membaca the kite runner

Di awal cerita di ceritakan tentang kakak beradik Abdullah dan Pari. Mereka sangat dekat, dan karena Ibu mereka telah meninggal setelah Pari dilahirkan, Abdullah sedari kecil sudah menumbuhkan rasa tanggung jawabnya pada Pari, tidak hanya sebagai kakak tetapi menjadi pelindung. Mereka memiliki ikatan batin yang kuat, saling membutuhkan dan saling menyayangi satu sama lain tetapi nantinya harus berpisah karena Ayah Abdullah & Pari, Baba Ayub berniat menjual Pari kepada seorang Saudagar kaya, Majikan tempat Paman Abdullah dan Pari (Paman Nabi) bekerja, Suleiman dan Nila Wahdati.

Tidak hanya sampai disitu nantinya kita akan disuguhkan kisah 2 Pasangan wahdati ini, Masing - masing dengan kisahnya sendiri, dan ada pula cerita Markos, seorang dokter bedah dan teman masa kecilnya, Thalia dan banyak lainnya.

Banyak sekali karakter di novel ini dengan kisah - kisahnya sendiri diceritakan dengan POV dari karakter tersebut dan semuanya menarik tetapi yang paling menyentuh tentu saja menurutku kisah Abdullah dan Pari. Bagian kesukaanku adalah di bab awal yang menurutku sangat menarik karena Khaleed Hosseini memulainya dengan sebuah dongeng dimana baba Ayub berkisah tentang div sebagai pengantar tidur untuk pari yang membuatku makin semangat membacanya :)

Dan lagi - lagi aku cinta dengan tulisan beliau, aku suka bagaimana Khaleed Hosseini mengambarkan perjuangan, cinta, rasa rindu, kasih sayang dengan tulisannya dan mau tak mau membawa kita larut ke dalamnya. Recommended!

 Review ini diikutsertakan dalam :
Category : Something New


 Aia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar