Senin, 19 Januari 2015

Book Review: Shift (Shift, #1) by Kim Curran

Shift
Author : Kim Curran @KimeCurran
Penerbit : Grantika Publishing
ISBN : 978-602-17914-0-0
Penerjemah : Indriana Grantika
Genre : YA, Fantasy, Sci-fi,Thriller
Tebal :  359 Pages
Cetakan I : April 2014
Rating : ★★

Setelah tanpa sengaja menggunakan kekuatan yang tanpa dia sadari dimilikinya untuk mengubah kenyataan, Scott Tyler baru menyadari bahwa dirinya adalah seorang Pengalih—seseorang yang memiliki kemampuan untuk membatalkan segala keputusan yang telah dijalaninya, dan secara otomatis membangun versi kenyataan baru yang dapat mengubah keadaan saat ini hanya dengan kekuatan pikiran.
Mulanya, Scott mengira kemampuannya itu adalah hal luar biasa yang akan membuat kehidupannya menjadi menyenangkan. Namun seiring waktu berlalu, dia menyadari ada konsekuensi yang mengiringi setiap pembatalan keputusan. Konsekuensi buruk yang tidak bisa diprediksi. Hidupnya menjadi kacau balau dan seseorang yang disayanginya tewas hanya karena dia membatalkan satu keputusan di masa lalunya. Dan yang lebih buruk lagi, belakangan dia menyadari keberadaan sebuah kelompok yang ingin merebut kekuatan para Pengalih dengan cara sadis.
Dalam dunia di mana segala sesuatunya dapat diubah dengan pikiran semata, Scott harus berhati-hati dengan setiap keputusan yang diambilnya

Berkisah tentang Scott Tyler yang tanpa sengaja menemukan kemampuan tersembunyinya setelah kejadian memanjat Pylon dan bertemu seorang gadis bernama Aubrey Jones yang bekerja di sebuah Divisi pemerintahan yang khusus menangani semua urusan pengalihan. Scott Tyler dihadapkan pada kenyataan bahwa ia ternyata memiliki kemampuan istimewa. Shifter atau Pengalih seorang pengalih mempunyai kemampuan untuk mengalihkan kenyataan, Seorang Pengalih bisa menciptakan kenyaaan baru di sekitarnya bahkan bisa membatalkan keputusan yang sudah diambilnya. 

Selanjutnya, Scott Tyler akan menghadapi petualangan-petualangan menegangkan, apalagi setelah ia bergabung dengan ARES, Ia bertemu dengan orang-orang baru dan juga beberapa bahkan sangat berbahaya, dan nantinya Scott akan menyingkap proyek misterius yang ternyata selama ini menewaskan orang -orang disekitarnya bahkan menyangkut keselamatan gadis yang disukainya.

Setelah bertualang ke Goodreads saya akhirnya tahu kalau Shift ini ternyata novel series. buku keduanya berjudul Control dan buku ketiganya adalah Delete

Sejujurnya, aku sangat suka dengan ide dan tema Pengalih seperti ini. Genre Young-adult yang menurutku sangat beda dari pada yang lain. aku menyukai konsep dan juga bagaimana sang penulis mengembangkan konsep ide cerita ini dengan sains bahkan fisika kuantum, apalagi dengan mengambil POV seorang hero remaja laki-laki yang menurut saya beda karena kebanyakan novel YA terkenal mengambil sudut pandang seorang heroine, dan juga dengan setting buku ini yang bertempat di London, wah saya jadi semangat membacanya.

Sejujurnya saya mengharapkan lebih banyak petualangan di buku ini apalagi dengan konsep yang sangat menarik, ada beberapa adegan aksi yang menarik tetapi terkadang di beberapa part ada bagian yang menurut saya progressnya lambat, dari awal saya menantikan adegan sang hero Scott Tyler dengan scene-scene yang lebih badass tetapi favorit saya adalah di akhir cerita ketika kita  disuguhkan dengan ending yang unpredictable, sosok Scott di ending cerita pun akan mengalami perubahan yang menakjubkan

Ah anyway meskipun tadi saya sempat mengungkit-ungkit tentang fisika kuantum dan sains tapi isi buku ini tidak akan membuat sakit kepala hihi bahkan menurutku bacaan ini ringan karena konflik yang tidak terlalu banyak dan terjemahannya yang mudah dicerna. Overall, saya memberikan ★★bintang untuk buku ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar