Rabu, 09 Juli 2014

Book Review: Kira - Kira By Cynthia Kadohata #22

Kira-Kira
Author : Cynthia Kadohata 
Tebal : 113 Hal 
Format : Ebook  
Genre(s) : Children, Family  
Rating : ★★★★

Kira-kira (kee ra kee ra): glittering; shining Glittering. That's how Katie Takeshima's sister, Lynn, makes everything seem. The sky is kira-kira because its color is deep but see-through at the same time. The sea is kira-kira for the same reason. And so are people's eyes. When Katie and her family move from a Japanese community in Iowa to the Deep South of Georgia, it's Lynn who explains to her why people stop on the street to stare. And it's Lynn who, with her special way of viewing the world, teaches Katie to look beyond tomorrow. But when Lynn becomes desperately ill, and the whole family begins to fall apart, it is up to Katie to find a way to remind them all that there is always something glittering -- kira-kira -- in the future

source

Bersetting pada tahun 1950-an Kira - Kira menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga keturunan jepang yang tinggal di Amerika, Menjadi sebuah kelompok minoritas tentu tidaklah mudah bagi Katie dan keluarganya, Meskipun dia mempunyai beberapa keluarga disana tapi tetap saja terkadang Katie dan Lynn Takeshima tidak mampu diterima dengan baik oleh lingkungan bahkan teman-temannya, Toko makanan Asia yang dimiliki keluarganya bahkan harus ditutup dan saat bekerja menjadi buruh terkadang orangtuanya menerima perlakuan tidak adil dari bosnya.

“Sometimes I thought about my future, because Lynn said I should. She said it was hard to tell at this point, but someday, if I didn't go to Africa to study animals, I might be a beautiful genius tennis player. I didn't worry about it one way or another. I didn't care if I was a genius or if I was pretty or if I was good in sports. I just liked to listen to Lynn and to talk to Bera-Bera and to eat rice candies. The lady who used to live down the street could take all of her top teeth out of her mouth. She wasn't allowed to eat chewy candy. I could eat any kind of candy I wanted because I still had my baby teeth. If they rotted, I would simply grow more teeth. That was pretty great.”
Diceritakan dari sudut pandang anak berumur 5 tahun, Katie Takeshima, anak kedua dari keluarga ini yang juga merupakan narator di dalam cerita :)

Katie sangat dekat dengan kakaknya, Lynn, Katie bahkan sangat mengagumi kakaknya, mengagumi segala apa yang ada pada diri Lynn, apa yang dia lakukan, bahkan mempercayai segala yang dikatakannya meskipun kadang - kadang hal itu tak masuk akal. Kalau bisa dibilang Katie menjadikan kakaknya sebagai role modelnya.

Di tengah kondisi keluarga ekonominya yang memburuk, Lynn selalu mampu menunjukkan di tengah kesulitan keluarga mereka masih ada Kira - Kira di dalam kehidupan Katie dan adik laki-lakinya, Sammy.

Lynn dengan cara uniknya memandang kehidupan mengajarkan Katie dengan segala cara bahwa ditengah kondisi keluarga yang serba sulit, suatu saat pasti akan ada jalan yang kira-kira di masa depan.
Lynn Said, "The blue of the sky is one of the most special colors in the world, because the color is deep but see-through both at the same time.
What did I just say?"

"The sky is special"

"The ocean is like that too, and people's eyes."

She turned her head toward me and waited. I said, "The ocean and people's eyes are special too"

That how i learned about eyes, sky, and ocean: the three special, deep, colored, see-through things, I turned to Lynnie. Her eyes were deep and black, like mine
Dan pada suatu hari Lynn tiba-tiba mendadak jatuh sakit, Pada awalnya Katie diberitahukan oleh anggota keluarganya bahwa Lynn hanya mengidap penyakit biasa, yaitu Anemia tapi karena penyakitnya yang tak kunjung sembuh dan malah sering kambuh lagi Katie baru menyadari bahwa ada penyakit lain yang diidap oleh kakaknya, selama sakit Lynn mulai jarang bersekolah, bermain bersama Katie dan teman-teman di sekolahnya pun juga mulai mencampakkannya termasuk Amber, teman dekat Lynn yang cantik dan populer.
“For everything in my life, I would ask, Why? Why didn't the Chinese lady have teeth? Probably it was because she didn't brush them enough. I asked myself why we had to move to Georgia. It was because my father needed to work at this hatchery so he could support us better. Why did I kind of like that boy? Because he was kind of cute. And why was Lynnie sick? Why? There was no answer to that.”
Setelah diberitahu oleh Ayahnya Katie akhirnya mengetahui bahwa penyakit yang diidap oleh kakaknya adalah Lymphoma. Katie dengan polosnya bahkan mencari-cari arti Lymphoma di kamus :") Lymphoma is any various malignant tumors that arise in the lymph nodes or in other lymphoid tissue atau dalam bahasa simpelnya Limfoma adalah kanker darah, dan disitulah Katie juga mengetahui bahwa hidup Lynn sudah tidak lama lagi

“My sister had taught me to look at the world that way, as a place that glitters, as a place where the calls of the crickets and the crows and the wind are everyday occurrences that also happen to be magic.”
Ini pertama kalinya saya membaca novel karya Cynthia Kadohata, Novel pemenang Newberry award (2005) adalah novel bergenre anak-anak pertama yang ditulis oleh penulis keturunan Jepang Amerika ini, Kira-kira juga sempat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2009 oleh Penerbit Gramedia. Meskipun plotnya biasa-biasa saja tetapi ada hal tersendiri yang membuatnya menarik. I Like how katie told us about her story with her sister and family, banyak sekali part-part yang mengharukan dan juga tak kalah dengan part-part yang menggelikan yang diceritakan oleh Katie dengan gaya polos khas anak umur 5 tahun.

Penulis juga mampu mengambarkan bagaimana sulitnya kehidupan warga asia yang kalau dibilang pada saat tahun 1950 keberadaanya dianggap masih sangat tabu di Amerika, saya bisa membayangkan betapa kerasnya perjuangan katie dan keluarganya hidup sebagai golongan minoritas yang sering dipandang sebelah mata tetapi mereka tetap tegar saling bahu-membahu menolong satu sama lain sebagai keluarga yang mandiri dan tak gampang putus asa.

Overall, 4 stars for kira-kira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar